Jumat, 31 Desember 2010

7 Tradisi Unik Ketka Tahun Baru

Hehehe...
Mumpung Sekarang Tahun Baru, Yuk Lihat Tradisi dari Berbagai Negara Saat Tahun Baru... Check this out!

Merayakan tahun baru sudah merupakan tradisi umum di berbagai tempat di dunia. Lain padang lain belalang, karena setiap negara dan tempat mempunyai latar belakang sejarah, kebudayaan, agama kepercayaan dan adat istiadat yang berbeda, maka terdapat pula berbagai macam tradisi menyambut kedatangan tahun baru.
tower-bridge

1. INGGRIS: Begitu lonceng menyambut datangnya tahun baru dibunyikan, semua keluarga di Inggris akan membuka pintu belakang rumah, yang menandakan selamat tinggal untuk “tahun lalu”, pintu depan akan dibuka sebagai tanda menyambut kedatangan “tahun baru”. Saling mengirimkan kartu ucapan juga merupakan awal mula tradisi negara ini. Kartu ucapan selamat tahun baru mulai dipopulerkan di London pada tahun 1843.

2. ITALIA: Penduduk Italia memiliki kebiasaan menyambut kedatangan tahun baru dengan membuang benda–benda lama milik mereka lewat jendela rumah, termasuk setrika, meja kursi, dan tentu saja, sampah. Pada hari tahun baru, keluarga di Italia mempunyai kebiasaan menyalakan api unggun yang besar, dan tidak boleh mati selama satu hari, sebab mereka percaya bahwa api berasal dari matahari, jika api di hari pertama tahun baru padam, itu berarti sepanjang tahun mereka “tidak akan dapat merasakan sinar matahari”.

3. INDIA: Di sejumlah daerah, orang–orang tidak hanya tidak merayakan tahun baru, bahkan justru sebaliknya, mereka akan menangisi kedatangan tahun baru. Menurut cerita, hal itu dikarenakan mereka mengeluh akan cepatnya waktu berlalu dan betapa pendeknya kehidupan manusia.

4. DENMARK: Pada malam tahun baru, setiap keluarga selalu menyimpan setiap pecahan dan serpihan piring gelas sepanjang tahun, untuk kemudian secara diam–diam akan diletakkan di depan rumah teman atau kerabat pada tengah malam. Semakin banyak pecahan dan serpihan yang ditemukan seseorang di depan rumahnya, menandakan semakin banyak pula teman yang dimiliki, berarti di tahun baru tersebut akan semakin beruntung.

joya25. JEPANG: Pada malam tahun baru, orang Jepang menyebutnya Ōmisoka, mereka memohon kepada para dewa agar diberi rejeki, membuang tahun lalu yang penuh dengan cobaan, dan menyambut tahun baru yang baik, tradisi ini disebut Ōsōji. Pada tengah malam di pergantian tahun, tiap kuil yang ada di setiap kota dan desa akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali, tanda diusirnya roh jahat, orang Jepang akan duduk diam sambil mendengarkan suara lonceng Kilesa, begitu suara lonceng berhenti bergema, maka pertanda tahun baru telah tiba.

6. THAILAND: Thailand memiliki kebiasaan meletakkan sebaskom air bersih di depan pintu atau di bawah jendela, tiap keluarga wajib untuk mandi tahun baru di sungai atau danau.
 
7. JERMAN: Saat pergantian tahun, setiap keluarga akan menempatkan dua batang pohon, yang satu vertikal dan satu lagi horisontal, di antara daun pohon diikat dengan bunga beraneka warna, menandakan bunga bersemi bermekaran. Di pedesaan di Jerman ada suatu kebiasaan dalam melewati tahun baru, yaitu “lomba panjat pohon”, para remaja akan berlomba memanjat pohon hingga ke paling atas, dan juara pertama akan diberi gelar “pahlawan tahun baru” yang menandakan kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar